. Sejarah Desa

Desa Cikadu merupakan Desa pemekaran dari Desa Sindangjaya pada tahun 1982. Yang memiliki luas wilayah 972,028 ± Ha yang dipimpin dua orang Kepala Desa sebagai berikut :

Tahun atau Periode Kepala Desa Keterangan
1982 s.d. 1985 Bpk. Bahri

( alm )

Menjabat sementara belum ada pemilihan kepala Desa karena masih masa Transisi pemekaran dari Desa Sindangjaya. Pada periode ini belum ada pembangunan impra struktur serta sarana dan prasarana.
1985 s.d.1992 Bpk. Abdul

( Alm )

Pada Masa kepemimpinan beliau meneruskan berbagai program pembangunan yang telah dirintis sebelumnya dengan cara gotong-royong/kerja bakti.beliau juga mengembangkan sektor pertanian padi sawah dan padi darat atau istilah masyarakat padi huma.Seiring lanjutnya usia beliau maka beliau berhenti dari jabatan kepala Desa Cikadu pada tahun 1992, belia menjabat Kepala Desa Cikadu selama 8 tahun.
1992 s. d. 1993 Bpk. Kursin Menjabat Sementara karena belum mengadakan pemilihan
1993 s.d. 2002 Bpk.Hapidin Pada periode ini kepala Beliau malanjutkan dan memperbaiki atas berbagai pekerjaan yang ditinggalkan oleh Kepala Desa sebelumnya.
2002 s.d. 2007 Bpk. H. Alimin Beliau bersama dengan masyarakat secara gotong-royong meneruskan pembangunan dan berhasil dengan membangun beberapa sarana seperti Jalan, Jembatan, Saluran Irigasi Air.
2007 s.d. 2013 Bpk. Mamat Pada periode ini banyak mengalami kemajuan pembangunan dalam membangun sarana , jalan, jembatan, pamsimas ( air Bersih ), Listrik karena semakin banyak nya program yang digulirkan dari pemerintah.
2013 s.d. 2019 Bpk. Mamat Pada periode ke 2 ini

 

2.1.2. Geografis

Desa Cikadu merupakan salah satu dari 13 Desa di Wilayah Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Kantor Cikadu berjarak 7km dari Kantor Kecamatan, 90 km dari Ibu Kota Kabupaten dan 200 km dari Ibu Kota Provinsi. Batas- Batas DesaCikadumeliputi :

  • Sebelah Utara : Desa Kubangsari,Kecamatan Pancatengah
  • Sebelah timur : Desa Sindangjaya
  • Sebelah Selatan : Desa Mandalajaya
  • Sebelah Barat : Desa Cikancra

Desa Cikadu  mempunyai luas wilayah seluas 972,028 ± Ha dengan rincian penggunaan lahanseperti tersaji pada tabel

No Uraian Luas Keterangan
1. Lahan pertanian basah    
2. Lahan pertanian kering    
3. Lahan pemukiman dan perkantoran    
4. Hutan    
5. Lahan lainnya    

 

Wilayah Desa Cikadu memiliki ketinggian berkisar antara 0 – 100 meter di atas permukaan laut (dpl). Secara umum wilayah tersebut dapat dibedakan menurut ketinggiannya, yaitu :

Ketinggian (m dpl) Sebaran  (Dusun)
0 – 50 Kp. Cilele
0 – 50 Kp. Cibeureum
0 – 25 Kp. Sodong
0 – 100 Kp. Pengkolan
0 – 100 Kp. Nanggerang

Kondisi kemiringan lahan di Desa Cikadu berturut-turut yaitu: Sangat Curam (> 40 %) sebesar  ±….%,  Agak  Curam   (15 %  – 40 %) sebesar ±….%,Curam (5 % – 15 %)  sebesar ±….%, Landai (2 % – 5 %) sebesar ±….%,  dan Datar ( 0 % – 2 %) sebesar ±….%dari  luas  Desa Cikadu   Dari data kemiringan lahan terlihat bahwa sebagian besar bentang alam Desa Cikadu didominasi oleh bentuk permukaan datar sampai dengan agak curam.

Kondisi hidrologi di wilayah Desa Cikadu terdiri dari Daerah Aliran sungai-besar dan sungai kecil yang merupakan bagian dari sistem drainase yang dipengaruhi oleh kondisi topografi dan struktur fisiografinya di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya.Terdapat 1 daerah aliran sungai besar atau sungai Citoe yang sekaligus perbatasan dengan Desa MargaluyuKecamatan PancatengahPola aliran daerah aliran sungai umumnya berpola radial, karena lebih dipengaruhi dominansi vulkanik. Pada daerah tektonik pola aliran berubah menjadi tidak teratur (iregular), tergantung pada bentuk dan arah proses tektonik yang terjadi.

Kondisi geologi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dapat dibedakan ke dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu :

  1. Geologi Landscape Depresi

Daerah ini terisi oleh material-material vulkanis akibat munculnya vulkanis Gunung Galunggung, Gunung Sawal dan Galunggung Cakrabuana

  1. Geologi Landscape Pegunungan Lipatan dan Patahan

Batuan di daerah ini berbeda-beda, baik dari jenis maupun sifatnya dan dapat dibedakan ke dalam dua golongan, yaitu:

  1. Golongan pertama : Batuan Geolite
  2. Golongan kedua : Batuan Pasir Laut
  1. Geologi Landscape dataran Pantai Selatan

Material ini terdiri dari batuan pasir laut, batuan Geolite, dan sedimen pasir pantai yang kadang-kadang dalam bentuk rawa pantai.

 

Berdasarkan uraian tersebut Kondisi geologi Desa Geologi Landscape Pegunungan Lipatan dan Patahan. Selanjutnya, berdasarkan kondisi geomorfologinya, wilayah Desa Cikadu dapat dikelompokkan menjadi 4 (empat) satuan, yaitu:

  1. Satuan Vulkanik Ber-relief Tinggi

Sebagian besar batuannya terbentuk dari hasil erupsi vulkanik dan berpola aliran radier.Hampir seluruh anak sungai dari satuan ini ditampung oleh aliran Sungai Citoe.Satuan ini membentang seperti tapak kuda yang melingkar dan terbuka ke arah Selatan.

  1. Satuan Perbukitan Sedimen

Satuan ini tersebarkan berelief tinggi dan sedang dengan batuan yang berupa sedimen klastika, berpola aliran dentritik dan hampir paralel. Daerah satuan ini dialiri oleh sungai yang agak besar sebanyak lima buah dan hampir paralel ke arah Selatan. Satuan ini menempati bagian tengah dari tapak kuda satuan perbukitan vulkanik.

  1. Satuan Kara Ber-relief Sedang

Satuan ini terdiri dari batu gamping, secara keseluruhan berpola aliran dentritik dan beberapa sungai ada yang mengalir di bawah permukaan tanah.Satuan ini menyebar di bagian bawah permukaan tanah dalam lingkaran dari satuan perbukitan sedimen terlipat.

  1. Satuan Peneplain

Satuan ini terdiri dari batuan vulkanik dan sedimen klastika yang berumur paling tua yang terdapat di Tasikmalaya, mempunyai relief rendah, berpola aliran hampir paralel menuju sungai yang menampungnya.

 

Desa Cikadu di wilayah dataran rendah mempunyai temperatur umumnya 34°C dengan kelembaban 50%.  Curah hujan rata-rata per tahun 2.171,95 mm dengan jumlah hari hujan efektif selama satu tahun sebanyak 84 hari. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan November, dengan musim hujan terjadi antara bulan Oktober dan musim kemarau terjadi antara bulan Juni–September.

2.1.3. Demografi

Berdasarkan data profil desa per tanggal 28 Pebruari tahun 2015 Data kependudukan Desa Cikadu dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Jumlah Penduduk Secara umum / KK
No Kependudukan Jumlah Ket
1. Jumlah Penduduk 3.150 Orang
2. Jumlah Kepala Keluarga 1.851 KK

 

  1. Jumlah Penduduk menurut kewarganegaraan
No Kewarganegaraan Jumlah Ket
1. WNI Laki-Laki 3.841 Orang
2. WNI Perempuan 4.007 Orang

 

  1. Jumlah Penduduk menurut Keagamaan
No Agama Jumlah Ket
1. Islam 7.449 Orang
2     Orang

 

  1. Jumlah Penduduk menurut Usia
No Usia Jumlah Ket
1. 0-4 Tahun 583 Orang
2. 5-19 Tahun 1.661 Orang
3. 20-59 Tahun 4.143 Orang
4. 60 Tahun Keatas 1.168 Orang

 

  1. Jumlah Penduduk menurut Mata Pencaharian
No Mata Pencaharian Jumlah Ket
1. Petani Pemilik tanah 1.792 Orang
2. Buruh Tani 1.070 Orang
3. Pengusaha Dagang 400 Orang
4. Pengrajin 117 Orang
5. Pengusaha angkutan 21 Orang
6. PNS 114 Orang
7. TNI/ POLRI 13 Orang
8. Pensiunan PNS/TNI/POLRI 63 Orang
9. Peternak 28 Orang

 

  1. Jumlah Penduduk menurut Tingkat Pendidikan
No Pendidikan Jumlah Ket
1. SD/Sederajat 1.272 Orang
2. SMP/Sederajat 704 Orang
3. SMA/Sederajat 567 Orang
4. Perguruan Tinggi 215 Orang
5. Buta Huruf Orang
Facebook Comments